Keunggulan Menggunakan Jasa Kontraktor Jogja Untuk Membangun dan Merenovasi Rumah


Membangun maupun merenovasi rumah merupakan suatu pekerjaan yang mebutuhkan keahlian khusus. Tidak hanya rumit, bahkan pengerjaan kontruksi bangunan pun membutuhkan orang-orang yang professional dalam bidangnya. Namun, untuk menemukan jasa kontraktor yang professional juga bukan hal yang mudah, terutama bagi wilayah Jogja. Yang mana merupakan kota padat penduduk.

Tentunya telah kita ketahui bersama, bahwa semakin padat kota maka akan semakin memiliki banyak masalah sosial, salah satunya penipuan. Begitupun dalam konteks pembangunan. Dimana banyak orang mengaku menjadi jasa kontraktor Jogja yang berpengalaman, tapi justru hasil dari pekerjaannya asal jadi saja. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membangun hunian, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu agar dapat menanyakan beberapa hal yang kemungkinan nantinya Anda butuhkan dalam beberapa tahapan pembangunan maupun renovasi. Dalam hal ini juga, Anda sebagai klien juga bisa memperkirakan budget yang perlu dikeluarkan.

Berikut ini beberapa cara dalam memilih kotraktor Jogja untuk membangun dan merenovasi rumah:

Pastikan Profil Proyek

Profil kontraktor professional yang telah memiliki banyak pengalaman keberhasilan proyek yang ditanganinya merupakan satu hal yang perlu Anda pastikan. Pastikan juga kontraktor tersebut telah memiliki kelengkapan ijin dan sertifikasi atas usahanya. Anda bisa meminta kontraktor untuk menujukkan portofolio proyeknya terlebih dahulu. Apabila memang sudah sesuai dengan kriteria Anda, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas hasil bangunan yang pernah dikerjakan oleh kontraktor tersebut dan jangan ragu untuk menanyakannya perihal pembangunan ataupun renovasi hunian Anda.

Proses dan Waktu Pengerjaan Hunian

Setelah Anda berhasil menverifikasi serta menelusuri rekam jejak dari kontraktor yang hendak Anda pilih, Anda juga perlu memastikan bahwa kontraktor tersebut menyelesaiakn proyek dengan waktu yang telah disepakati. apabila terjadi keterlambatan, pastikan juga Anda mengetahui penyebabnya secara jelas. Baik itu terjadi karena kedaan cuaca, maupun kondisi lainnya yang terjaid di lapangan.

Perjanjian Pada Kontrak Kerja Mengenai Pelaksanaan Proyek

Sebelum proyek dilaksanakan, pastikan kesepakatan dan perjanjian kontrak kerja dengan kontraktor Jogja tidak membingungkan. Sebagai klien, Anda juga bisa bertanya secara detail mengenai beberapa hal tentang perjanjian tersebut. seperti RAN, material yang digunakan, waktu pengerjaan proyek, lingkup pekerjaan, sistem pembayaran serta konsekuensi bila terjadi pelanggaran kontrak kerja. Selain itu juga, Anda harus emmahami kontrak kerja tersebut.

Sepakati Sistem Pembayaran yang Lurus

Pada kontraktor Jogja, terdapat dua jenis sistem pembayaran, yang pertama yaitu pembayaran bertahap atau disebut dengan termin dan yang kedua sistem cost and fee. Dari kedua sistem pembayaran ini terdapat perbedaan yang terletak pada siapa yang lebih berperan dalam pengelolaan proyek yang disepakati. Untuk sistem pembayaran termin melalui tahapan diantaranya pembayaran Down Payment (DP) yang kisaran pembayarannya dari 20 sampai 30 persen dari total biaya, tahap keduanya akhir pelunasan bila proyek telah memasuki 50% pengerjaan.

Mengetahui Penanggung Jawab Proyek

Untuk mengetahui perkembangan proyek, Anda perlu menegtahui penanggung jawa proyek yang biasanya ditunjuk oleh kontraktor. Dengan mengetahui penanggung jawab proyek, Anda bisa melakukan komunikasi terkait dengan pelaksanaan proyek tersebut.

Pastikan Kontraktor Jogja Memberikan Garansi

Biasanya penyedia jasa kontraktor professional akan memberikan garansi pada perjanjian kontrak kerja. Nah garansi tersebut dapat Anda gunakan ketika terjadi kerusakan setelah proyek selesai dikerjakan. Masa garansi ini diberikan berbeda-beda. Namun, kontraktor tersebut biasanya akan menanggung semua biaya garansinya.

Setelah emmebaca ulasan diatas, mungkin beberapa diantaranya, Anda merasa sangatlah rumit untuk menemukan penyedia jasa kontraktor yang professional. Namun, dari kesulitan ini, terdapat beberapa keunggulan yang akan Anda dapatkan dnegan menyewa jasa kontraktor Jogja, seperti:

    Dalam sebuah tim kontraktor Jogja terdapat bagian perencanaan desain seperti arsitek dan desainer yang memiliki kemampuan membaca gambar kerja. Nah bagian pelaksanaan proyek dengan penanggung jawab lapangan dan tim pelaksana yang berpengalaman.

2.      Setiap tim memiliki keahlian di bidang masing-masing. Maka Anda bisa mempercayakan pembangunan dan renovasi sepenuhnya.

3.      Dengan menggunakan jasa kontraktor memiliki domisili dengan badan usahanya yang jelas, sehingga dengan ini Anda akan merasa lebih aman saat melakukan transaksi.

4.      Melalui volume pekerjaan yang besar dan banyak, Anda juga bisa mendapatkan biaya yang lebih murah.

Demikian beberapa cara dan keunggulan yang Anda dapatkan dari kontraktor Jogja dalam membangun dan merenovasi rumah.


Info Lebih Lanjut Hubungi Kontak :

LIGHTGROUP INDONESIA

Jl. KH Muhdi Gg Komajaya 53 Dewan Maguwoharjo Depok Sleman YOGYAKARTA 55282

081804135008 / 081325157177 / 088802725212 / PIN BBM 53897EDC

email: lightgroup.id@gmail.com

www.lightgroupindonesia.com

Komentar